BPKP Pabar Selenggarakan Bimtek IEPK dan Maturitas SPIP

Manokwari (11/08/2022)- Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Manokwari untuk mencapai nilai maturitas SPIP Level 3, diselenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dan Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Kabupaten Manokwari. Acara ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 11-12 Agustus 2022 yang bertempat di Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Manokwari. Inspektur Kabupaten Manokwari Khumaidi membuka acara secara resmi.

Penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset daerah, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selain itu, SPIP dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Bimtek ini diikuti oleh 14 OPD, antara lain Sekretaris Daerah yang diwakili Bagian Organisasi dan Bagian Hukum, Inspektorat, Bappeda, BPKAD, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Bapenda, Dinas Pertanian, BKPSDM, DPMPTSP, Dinas Catatan SIpil dan OPD lainnya.

Harapan terselenggaranya bimtek tersebut, Pemerintah Kabupaten Manokwari dapat melaksanakan Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Penyelenggaraan SPIP Tahun 2022 dengan baik.     

(Kominfo BPKP Pabar)