BPKP Pabar Dukung Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM BPS Papua Barat

Manokwari (26/07/2022)- Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Muhammad Irwandi menghadiri acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan BPS Papua Barat.

Saat berbincang sebelum acara dimulai, Irwandi mengungkapkan kepada Kepala BPS Papua Barat pihaknya mendukung penuh Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat dalam membangun ZI menuju WBK dan WBBM.

“BPKP diundang menjadi saksi dan kami siap mendukung BPS dalam membangun ZI menuju WBK dan WBBM” ujar Irwandi.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Kepala BPS Papua Barat Maritje Pattiwaellapia menuturkan pembangunan Zona Integritas menjadi bagian dari program dalam meningkatan transparansi dan akuntabilitas aparatur.

“Pencanangan Zona Integritas akan mendorong percepatan reformasi birokrasi yang berkaitan perubahan budaya kerja dan peningkatan pelayanan publik” sambungnya.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Presiden Nomor 81 Tahun
2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

Senada dengan yang telah disampaikan Maritje, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua Barat, Rosa Muhammad Thamrin Payapo mengatakan, integritas dalam konteks organisasi adalah kesatuan integritas individu ditambah dengan nilai-nilai organisasi yang wajib diadopsi oleh setiap aparatur pemerintah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Papua Barat.

(Kominfo BPKP Pabar)