Ayo Bangkit Bersama

Manokwari (20/05/2022)- Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Halaman Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Upacara ini dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Muhammad Irwandi dan diikuti oleh seluruh pegawai di Lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Ayo Bangkit Bersama menjadi tema yang diusung pada peringatan harkitnas tahun ini.

Dalam amanatnya, Plh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Ia mengatakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional hendaknya tidak hanya sebagai seremonial saja. Melainkan untuk memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional.

Seperti diketahui, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Lebih lanjut, Johnny menuturkan penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi dengan berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Hal ini juga menjadi momentum yang baik diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tujuannya dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

“Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan” ujar Pembina Upacara.

(Kominfo BPKP Pabar)