Aduan Masyarakat Jadi Bahan Pengawasan

Manokwari (14/02)- Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menerima kunjungan Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Papua Barat Musa Y. Sombuk beserta jajaran. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Zainuri di ruang kerjanya, didampingi dengan Korwas Bidang IPP Muhammad Irwandi, Korwas Bidang APD Martinus Tonapa dan Korwas Bidang Investigasi Sjachroel Hidhayat Siregar.

Kunjungan tersebut sebagai bentuk kerja sama antara ORI dengan BPKP dalam menyelesaikan tindak lanjut pengaduan masyarakat terkait kesalahan prosedur, kewenangan, diskriminasi, rekrutmen SDM serta hibah daerah.

Menurut Musa, bidang yang banyak mendapat aduan masyarakat meliputi pengadaan barang/jasa (PBJ), perizinan, penerimaan pegawai dan pembayaran insentif pegawai.

Pada kesempatan tersebut, Zainuri mengatakan BPKP memiliki peran dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan, sehingga dapat berkontribusi dengan memanfaatkan informasi pengaduan sebagai bahan pengawasan agar hasil pengawasan dapat lebih fokus dan dapat menjaring potensi-potensi permasalahan yang sulit diungkapkan tanpa ada informasi dari masyarakat selaku pengguna layanan.

Seperti diketahui, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) merupakan lembaga negara yang berwenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk BUMN, BUMD, badan hukum milik negara, maupun badan swasta, badan perseorangan yang sebagian atau seluruh sumber dananya menggunakan APBN atau APBD. Ombudsman bertugas untuk mengawal pelayanan publik yang bebas maladministrasi.

(Kominfo BPKP Pabar)