BPKP Malut Lakukan Entry Meeting Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Bersama Bupati Pulau Morotai

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan Entry Meeting Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2023. Entry Meeting ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto, PJ. Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali, Kepala Bappeda Pulau Morotai Thamrin, Kepala Bagian Umum BPKP Malut Ali Muchtar, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang APD BPKP Malut Albertus Mugi Susanto, Korwas Bidang P3A BPKP Malut Edy Pramono, Pengendali Teknis Bidang APD BPKP Malut Dwito Santoso, Tim APD, dan Staf Bappeda Pulau Morotai. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kerja Kepala Perwakilan pada Minggu pagi (05/02/2023).

Pada kesempatan ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto membuka Entry Meeting Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kabupaten Pulau Morotai dengan menyampaikan bahwa kegiatan entry meeting sebagai langkah awal untuk melakukan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran. Edy menambahkan bahwa pada tahun 2023, Kabupaten Pulau Morotai menjadi salah satu sampel BPKP dalam melakukan evaluasi perencanaan dan penganggaran. Dalam evaluasi ini, fokus pengawasan program pembangunan Pemerintah Daerah Pulau Morotai yang dievaluasi adalah sektor pariwisata, ketahanan pangan, dan pengentasan kemiskinan. Dalam kegiatan ini diharapkan Pimpinan Daerah Pulau Morotai dapat mendorong OPD terkait untuk berkolaborasi dalam pengawasan ini. Edy juga menyampaikan bahwa evaluasi ini nantinya akan memberikan saran oleh tim BPKP yang bisa menjadikan langkah perbaikan program pembangunan daerah. Edy berharap dari evaluasi tersebut dapat mendorong komitmen Bupati dan Kepala Bappeda untuk tercapainya tujuan sasaran program yang direncanakan. 

Menanggapi hal tersebut, PJ. Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali menyampaikan bahwa prinsipnya Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menyambut dengan baik atas evaluasi ini. Lanjutnya, Umar menyampaikan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk memperbaiki program daerah yang telah direkomendasikan oleh tim BPKP nantinya.

(Kominfo BPKP Malut/April)