BPKP Malut Dukung Sail Tidore

Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran internasional yang berlangsung di perairan Indonesia yang mampu mendongkrak popularitas dan meningkatkan perekonomian daerah. Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mendukung kegiatan Sail Tidore dengan mengikuti Puncak Acara Sail Tidore dan melakukan pengawasan dalam persiapan acara Sail Tidore. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi oleh Kepala Bagian Umum Zulkifli, dan Sub Koordinator BMN, Rumah Tangga, dan Kearsipan Andri Anto Setiawan menghadiri Puncak Acara Sail Tidore yang berlangsung di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada Sabtu pagi (26/11/2022).

Acara ini berlangsung meriah karena terdapat sejumlah pertunjukkan seperti tarian adat, parade kapal perang, kapal Pinisi, pertunjukkan paralayang, terjun payung, pertunjukan pesawat tempur, pameran, dan stand UMKM.

Acara Sail Tidore diketuai oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Dalam sambutannya, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa Sail Tidore merupakan agenda yang sangat menarik perhatian masyarakat karena terdapat berbagai macam pertunjukan. Selain itu agenda ini jg di dukung oleh UMKM dengan harapan agar masyarakat turut membeli produk lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dan menjaga kestabilan perekonomian khususnya Indonesia Timur. Zulkifli menambahkan Sail Tidore 2022 bisa menjadi titik balik pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 dan krisis global. Maka dari itu, pihaknya berupaya agar potensi Tidore bisa dipromosikan kepada investor dan wisatawan dunia melalui acara ini.

Sementara, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya mengatakan Sail Tidore adalah momen penting kebangkitan kembali ekonomi Indonesia. Luhut juga mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Tidore dan Ternate yang tinggi. Luhut berpesan bahwa agar masyarakat Ternate dan Tidore juga tidak lupa untuk memperhatikan pendidikan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tidore Kepulauan Captain Ali Ibrahim menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah membantu suksesnya acara ini. Selanjutnya Captain Ali Ibrahim berharap dengan ada agenda Sail Tidore ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional serta dapat mempercepat pembangunan bandara di Sofifidan jembatan yang menghubungkan Ternate, Tidore, dan Halmahera.

(Kominfo BPKP Malut/April)