BPKP Malut Bantu Pemkab Halsel Pertahankan Opini WTP LKPD

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melalui Tim Bidang APD menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, dan Pelaporan Dengan Aplikasi SIMDA Next-G/ Financial Management Information (FMIS) bersama BPKAD Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Bimtek ini diselenggarakan bertempat di Ballroom Gamalama Hotel Grand Daffam, Ternate dan dibuka pada pagi ini (20/10/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para OPD dalam pengelolaan keuangan daerah dan pelaporan keuangan daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Halmahera Selatan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Radjak. Ahmad menyampaikan bahwa seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius. Bimtek ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kompetensi para OPD.  Ahmad berharap bahwa setelah mengikuti bimtek ini para peserta dapat mengimplementasikan di tempat kerjanya dan dapat membantu mempertahankan opini LKPD dengan kategori WTP.

Dalam arahannya, Kepala BPKAD Kabupaten Halmahera Selatan Aswin Adam menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPKP Provinsi Maluku Utara beserta tim karena telah memberikanBimtek ini. Lanjutnya Aswin menyampaikan bahwa Kegiatan Bimbingan Teknis ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi para OPD dan sebagai strategi dalam mempertahan Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2022 yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pelaporan merupakan satu rangkaian yang membentuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang utuh. Rangkaian tersebut apabila dilakukan dengan benar melalui aplikasi SIMDA NEXT-G dan didukung dengan sistem pengendalian intern yang memadai, Halse maka LKPD akan bisa meraih opini WTP. Edy berharap dengan adanya bimtek ini Kabupaten Halmahera Selatan dapat kembali meraih Opini WTP di tahun 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Radjak, Kepala BPKAD Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan Aswin Adam, Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi' Mahmud, OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, dan Tim Bidang APD.

(Kominfo BPKP Malut)