BPKP dan BPK RI Malut Bantu Wujudkan Tata Kelola Daerah Yang Berkualitas

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto melakukan kunjungan kerja Ke Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara pada Jumat pagi (14/10/2022). Pada saat melakukan kunjungan, Edy Suharto didampingi oleh Kepala Bagian Umum Zulkifli, Korwas Bidang IPP Daniel Matondang, Korwas Bidang APD Safi’ Mahmud, Korwas Bidang P3A Edy Pramono. Dalam kunjungan tersebut disambut secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara Marius Sirumapea didampingi oleh Kepala Sub Auditorat I Warsaya dan Kepala Sub Auditorat II I Wayan Artadana Adi Sudharma.

Tujuan kunjungan kerja ini untuk bersilaturahmi dan membahasa terkait peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Maluku Utara. Pada awal perbincangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto memperkenalkan jajaran manajemen yang mendampinginya. Selanjutnya Edy Suharto menyampaikan maksud kedatangannya untuk berkoordinasi terkait kualitas Laporan Keuangan Daerah di Provinsi Maluku Utara. Edy Suharto menambahkan bahwa Pewakilan BPKP Provinsi Maluku Utara selalu mendorong Pemda untuk dapat meciptakan tata kelola dan laporan keuangan yang baik dengan memberikan bimbingan teknis dan pendampingan. Selain itu, Edy Suharto juga menjelaskan bahwa BPKP telah memiliki aplikasi SIMDA berbasis Web/FMIS dan aplikasi ini sudah digunakan untuk penatausahaan di tahun 2022 di tiga Kabupaten yaitu Kepulauan Sula, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah. Sedangkan enam pemda lainnya telah melakukan bimtek FMIS. Pada akhir berbincangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara berharap sinergi antara BPK dengan BPKP selalu terjaga dengan baik untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara Marius Sirumapea memberikan tanggapan bahwa pihaknya sangat senang karena telah dikunjungi BPKP. Lanjutnya, Marius meminta kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara untuk dapat mendampingi Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas Tata Kelola Daerah dan Laporan Keuangan yang berkualitas.

 

(Kominfo BPKP Malut/April)