BPKP Malut Pastikan Penyaluran BLT BBM Tepat Sasaran

Dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga kebutuhan sehari-hari, Pemerintah memberikan bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai BBM di sejumlah wilayah, salah satunya di Provinsi Maluku Utara. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosia (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran bantuan tersebut disalurkan melalui pihak Kantor Pos Indonesia.

Untuk memastikan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) periode Bulan September-Oktober 2022  tersalurkan tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat pemanfaatan, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mengunjungi rumah-rumah Keluarga Penerima Manfaat BLT BBM untuk melakukan wawancara dan cek fisik kondisi rumah. Kunjungan merupakan bagian dari kegiatan Monitoring atas Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak, mengambil sampel pada 2 (dua) Kabupaten, yaitu Kabupaten Halmahera Barat (Kecamatan Jailolo, Kecamatan Jailolo Selatan, Kecamatan Sahu,Kecamatan Sahu Timur, dan Kecamatan Ibu Selatan) dan Kota Ternate (Kecamatan Pulau Ternate, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kecamatan Ternate Utara, Kecamatan Kota Ternate Tengah, dan Kecamatan Pulau Hiri).

Pada kunjungan ke Kecamatan Hiri, (25/09/2022) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi Koordinator Pengawasan Bidang IPP Daniel Matondang dan PFA Rian Adi Negoro mengunjungi beberapa rumah Keluarga Penerima Manfaat di Pulau Hiri untuk cek fisik rumah dan wawancara. Pada akhir sesi wawancara, warga di Pulau Hiri menyampaikan bahwa sangat terbantu dengan adanya bantuan sosial BLT-BBM ini untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan membayar biaya sekolah anak. Bantuan BLT BBM ini disalurkan bersamaan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada bulan September,dengan rincian BLT BBM sebesar Rp300.000,00(2 Bulan) dan BPNT sebesar Rp200.000,00 (satu bulan).

Hal lain yang menjadi perhatian dalam kegiatan monitoring atas penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak di Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Ternate ini adalah kesesuaian penyaluran BLT-BBM terhadapketentuan dan aturan yang berlakudan Tata Kelola Basis Data Penerima BantuanBLT-BBM.

(Kominfo BPKP Malut/Rian Adi Negoro)