BPKP Malut Awasi Program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional di Morotai

MOROTAI- Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Edy Suharto mengunjungi Sekda Kabupaten Pulau Morotai, F. Revi Dara. Pertemuan tersebut membahas Program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN) yang diamanatkan pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Maluku Utara (31/8).

Pembahasan tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Pulau Morotai. Fokus pembahasan dalam pertemuan yaitu Pelaksanaan program, Hambatan/permasalahan perencanaan dan pelaksanaan program, dan Solusi atas hambatan/permasalahan terkait Program M-LIN di Kabupaten Pulau Morotai. Dalam pertemuan itu didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Maluku Utara (Daniel), Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulau Morotai (Junaidi Rais), dan tim BPKP. Selain ke Kantor Bupati Pulau Morotai, Kepala Perwakilan BPKP Malut dan Tim BPKP mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai.

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diberikan mandat untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan Proyek Prioritas Pengembangan Sektor Unggulan Perikanan, dalam hal ini  Program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN) dan pengawasan atas pengelolaan keuangan daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara. Kegiatan pengawasan diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan dan hambatan Program LIN serta memberikan rekomendasi perbaikan kebijakan/implementasi sehingga nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku dan Maluku Utara pada khususnya dan peningkatan pendapatan nasional.

(BPKP Malut/Musthafa)