Sinergi BPKP dan BPKAD Provinsi Malut Dalam Tata Kelola Keuangan Daerah

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Daerah, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan kerja dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara Ahmad Purbaya pada Rabu sore (03/08/2022). Kedatangan Purbaya disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diruang kerjanya. Saat kunjungan ini, Edy Suharto didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi' Mahmud.

Kepala BPKAD ini mengawali perbincangan dengan menyampaikan maksud tujuannya yaitu untuk berkoordinasi terkait Optimalisasi Pendapatan Daerah (OPAD).  Selanjutnya, Purbaya menyampaikan bahwa dalam peningkatan OPAD ini BPKAD Provinsi Maluku Utara juga berkomitmen untuk meningkatkan optimalisasi dana transfer daerah, pajak daerah, serta pemanfaatan aset daerah agar dapat membantu memajukan perekonomian dan meningkatkan sumber pendapatan di Provinsi Maluku Utara. Dalam peningkatan ini, Kepala BPKAD Provinsi Maluku Utara meminta BPKP untuk dapat mendampingi dan mengawal Optimalisasi Pendapatan Daerah (OPAD).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa BPKP akan selalu siap mendampingi Pemerintah Daerah dalam mengawal akuntabilitas keuangan daerah, implementasi FMIS  dan Optimalisasi PendapatanAsli  Daerah (OPAD). Tak hanya itu, BPKP akan selalu mendukung dalam peningkatan sumber pendapatan daerah dalam memajukan perekonomian Provinsi Maluku Utara.

(Kominfo BPKP Malut/April)