Sinergi Tingkatkan Tata Kelola Pemerintah Kabupaten Halbar

Dalam rangka peningkatan tata Kelola pemerintah daerah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto mengunjungi Kantor Bupati Halmahera Barat pada Kamis pagi (28/07/2022). Kedatangan Edy didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi' Mahmud dan Tim. Kunjungan ini disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat M. Syahril Abdul Rajak, Inspektur Kabupaten Halmahera Barat Martinus Djawa, dan Kepala BPKAD Halmahera Barat Chuzaemah Djauhar. Tujuan kedatangannya untuk berkoordinasi sekaligus mendorong peningkatan tata kelola Pemerintah Daerah dan peningkatan capaian MCP Kabupaten Halmahera Barat.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa dalam peningkatan capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat perlu melakukan peningkatan di berbagai capaian diantaranya peningkatan nilai SAKIP, peningkatan manajemen risiko, peningkatan level maturitas SPIP, dan peningkatan kapabilitas APIP. Selanjutnya Edy mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pengelolaan keuangan daerah dengan mengimplementasikan FMIS yang sudah terintegrasi dengan SIPD, terkoneksi melalui Bank dengan fasilitas Cash Management System (CMS) dan tanda tangan elektronik. Tak hanya itu, Edy juga berharap kepada Pemerintah Daerah untuk dapat mengimplementasikan Siskeudes online dan Siswaskeudes dalam pengelolaan dan pengawasan keuangan desa yang merupakan salah satu area intervensi MCP KPK.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat M. Syahril Abdul Rajak bersama Pimpinan Daerah dan seluruh OPD Kabupaten berkomitmen untuk meningkatkan tata kelola Pemerintah Daerah terutama dalam peningkatan level 3 maturitas SPIP yang menjadi target pemerintah Halmahera Barat tahun 2022 ini.

(Kominfo BPKP Malut/April/Amril)