BPKP Malut Bina APIP Malut Lewat Bimtek SIBIJAK

Dalam Rangka meningkatkan kapabilitas APIP, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penerapan JFA Dan Aplikasi Sibijak. Bimtek ini diselenggarakan selama 3 hari dimulai tanggal 19 sampai dengan 21 Juli 2022 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. Kegiatan bimtek diikuti oleh auditor dan non auditor di lingkungan Inspektorat Daerah Provinsi Maluku Utara. Hadir dalam pembukaan kegiatan bimtek yaitu Inspektur Daerah Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali, Koordinator Pengawasan Bidang P3A Edy Pramono, APIP di Lingkungan Provinsi Maluku Utara, dan JFA Bidang P3A. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto ditandai dengan ketukan microphone.

Tak hanya difokuskan pada penyusunan dan penilaian angka kredit saja, pelatihan juga meliputi pemutakhiran Data Auditor, Pengusulan Formasi JFA, Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (PPAK) JFA, Pendaftaran Diklat JFA, Pendaftaran Ujian Sertifikasi JFA, dan Ujian Sertifikasi Auditor Berbasis Komputer (USABK).

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa BPKP selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Auditor memiliki kewajiban untuk melakukan upaya pembinaan yang membantu APIP untuk memiliki peran yang efektif. Edy menambahkan bahwa sebagai seorang APIP sudah semestinya untuk meningkatkan Kapabilitasnya, oleh karena itu melalui Bimbingan Teknis SIBIJAK ini diharapkan kapabilitas para APIP di lingkungan Provinsi Maluku Utara dapat meningkat dan dapat lebih memahami dalam melakukan pengawasan. Selain melalui Bimtek, para APIP dapat meningkatkan kapabilitasnya melalui webinar, diklat pengawasan, dan Program Pelatihan Mandiri (PPM).  Lanjutnya, Edy menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai konsultansi Pemerintah, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara selalu membuka pintu lebar untuk para APIP di Lingkungan Provinsi Maluku Utara yang ingin melakukan konsultansi.

Sementara Inspektur Daerah Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali menyampaikan apresiasi kepada BPKP Maluku Utara atas terselenggaranya pembinaan JFA ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi JFA untuk dapat meningkatkan kapabilitasnya. Selanjutnya, Nirwan berpesan kepada seluruh APIP di Lingkungan Provinsi Maluku Utara untuk dapat mengikuti bimtek ini secara serius agar dapat menerapkan dalam pekerjaannya. Selain itu, Nirwan juga menghimbau kepada seluruh APIP di lingkungan Provinsi Maluku Utara untuk dapat aktif melakukan konsultansi kepada BPKP Maluku Utara terkait pengawasan daerah.

(Kominfo BPKP Malut/April)