BPKP Malut Dukung Sistem Pembayaran Pajak Online Terintegrasi Provinsi Maluku Utara

Bertempat di Ballroom Gamalama, pada Rabu pagi (13/07/2022) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menjadi saksi peluncuran sistem pembayaran pajak online terintegrasi yang diprakarsai oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku Utara. Sistem pembayaran pajak online dikemas dengan metode E-payment seperti Briva, Ovo, Shopeepay, dan Q-RIS. E-payment ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). 

Peluncuran Sistem Pembayaran Pajak Online ditandai dengan menekan layar LED oleh Staf Ahli Gubernur Abuhari Hamzah, Kepala Bapenda Malut Hj. Zainab Alting, Perwakilan Jasa Raharja Nurul Subekti, Irwasda Polda Malut Kombes Pol. Eko Trisnanto, dan Kepala Perwakilan BPKP Malut Edy Suharto. 

Pada kesempatan ini, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Abuhari Hamzah memberikan sambutannya dengan menyampaikan bahwa sistem pembayaran non tunai ini merupakan sebuah model layanan baru yang diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah dengan nama Inovasi e-Payment. Selanjutnya, Abuhari menyampaikan bahwa inovasi ini akan memberikan kemudahan, kecepatan, dan keterjangkauan kepada masyarakat dalam pelayanan pembayaran pajak daerah khususnya pajak kendaraan bermotor. 

Abuhari berharap dengan diciptakannya sistem pajak online ini, target Pemda dalam peningkatan PAD semakin efisien dan dapat mencegah terjadinya penyimpangan. 

Sementara Kepala Bapenda Zainab Alting mengatakan, dengan adanya pembayaran pajak online ini, dirinya menilai mampu meningkatkan PAD dari sektor pajak daerah. 

Selain peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), digitalisasi pelayanan dan transaksi pemerintah daerah dapat memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 yang cenderung mengalami perubahan dalam pola interaksi dan pola transaksi. Selanjutnya, Zainab menyampaikan bahwa tujuan dibukanya pembayaran E-Payment ini adalah untuk memberikan pilihan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku Utara, Ketua Komisi II DPRD Ishak Naser, jajaran OPD lingkup Pemprov Malut, Jasa Raharja, pihak Perbankan, dan pihak pertambangan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto mendukung sepenuhnya kesuksesan Sistem Pembayaran Pajak Online untuk meningkatkan PAD wilayah Maluku Utara.

(Kominfo BPKP Malut/April)