BPKP Malut Pastikan Penyaluran Bansos Dan BLT Minyak Goreng Di Haltim Tepat Sasaran

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melaksanakan Evaluasi atas penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako dan BLT Minyak Goreng pada Kabupaten Halmahera Timur. Penugasan ini mengacu pada Program Prioritas Tahun 2022 terkait Penguatan Pelaksanaan Perlindungan Sosial pada RKP Tahun 2022 yaitu Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural.

Berlandaskan hasil dari kegiatan Curah Pendapat atas Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng Periode bulan April–Juni Tahun 2022, tim perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bersama Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Timur melakukan evaluasi dengan mewawancarai pihak-pihak yang berkaitan dengan penyaluran bansos dan BLT Minyak Goreng. Tim perwakilan BPKP Provnsi Maluku Utara telah melakukan uji petik pada 50 keluarga penerima manfaat (KPM), pendamping/TKSK, dan warung, serta aparat desa yang berada dan bertempat tinggal di Kabupaten Halmahera Timur.

Dengan adanya kegiatan evaluasi diharapkan dapat memberikan sebuah rekomendasi strategis yang diarahkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ataupun mencegah terjadinya risiko-risiko yang sudah diidentifikasi, sehingga program ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh seluruh KeluargaPenerima Manfaat (KPM) sesuai dengan tujuan Program Penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng.

(Kominfo BPKP Malut/Zulfikar)