Inspektorat Haltim Minta Pendampingan Siswaskeudes Ke BPKP Malut

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan dari Plt. Inspektur Kabupaten Halmahera Timur Muhtar Hi Muhammad. Kedatangan Plt. Inspektur Kabupaten Haltim didampingi oleh Kasubag Perencanaan, Administrasi Umum dan Keuangan. Kunjungan ini disambut secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi Mahmud dan Pengendali Teknis Bidang P3A Rizal. Kunjungan ini bertujuan untuk silaturahmi sekaligus berkoordinasi terkait pengawasan desa.

Pada awal perbincangannya, Plt. Inspektur Kabupaten Halmahera Timur Muhtar Hi Muhammad menyampaikan maksud kedatangannya untuk berkoordinasi terkait peningkatan pengelolaan desa. Dalam hal ini, Muhtar mengaku bahwa Inspektorat memerlukan bantuan tim BPKP Malut untuk dapat mengarahkan dalam pengawasan desa dengan menggunakan aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES). Muhtar menambahkan bahwa pengawasan desa sangatlah penting untuk dapat menciptakan pengelolaan desa yang akuntabel sehingga harus dikawal. Namun, dalam pengawalannya, Muhtar menyadari bahwa Inspektorat Halmahera Timur masih memiliki keterbatasan SDM sehingga memerlukan bantuan pendampingan oleh tim BPKP dalam implementasi aplikasi SISWASKEUDES ini. Tidak hanya itu, Muhtar juga meminta saran kepada BPKP terkait sosialisasi pencatatan aset desa di Halmahera Timur.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa tim BPKP akan selalu siap hadir mendampingi dalam pengawasan desa untuk peningkatan tata kelola desa dengan SISWASKEUDES.  Atas rencana sosialisasi pencatatan aset desa, Edy menyarankan agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Dinas PMD yang memiliki tugas pembinaan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya dalam hal penatausahaan aset desa.

(Kominfo BPKP Malut/April)