BPKP Lakukan Pengawasan Kebermanfaatan Program KUR di Kota Ternate

Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah melakukan Audit atas Pelaksanaan Program KUR dan Penyaluran Subsidi Bunga/Subsidi Margin (SB/SM) KUR di Wilayah Provinsi Maluku Utara pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Ternate pada 13 – 24 Juni 2022.

KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak tetapi belum memiliki agunan atau feasible tetapi belum bankable yang disalurkan melalui lembaga keuangan (Bank Himbara).

Dalam pelaksanaannya, tim melakukan penilaianterhadapkelengkapandanketepatandokumen penerima KUR dan melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui secara langsung ketepatan penyaluran dan kebermanfaatan KUR dan SB/SM KUR bagi penerima KUR.

Hasil konfirmasi kepada pelaku usaha khususnya UMKM penerima KUR merasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas usaha karena syarat mudah dan bunga rendah, sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan pengusaha mikro/menengah ke bawah yang memiliki kesulitan modal.

(Kominfo BPKP Malut/Dini)