Kajati Malut Himbau Walikota Ternate Belajar ke BPKP

Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar instansi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menghadiri undangan dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate. Undangan ini dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) dan Silaturahmi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara, Dade Ruskandar dengan para stakeholder di wilayah Kota Ternate. Acara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Kejari Ternate pada Siang ini (27/06/2022)

Selain Kajati, yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut yaitu Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Ternate, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto, para pimpinan Instansi Vertikal di Kota Ternate, dan para pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Kajari Ternate Abdullah dalam sambutanya, menyampaikan bahwa tujuan mengumpulkan para stakeholder dan lembaga penegak hukum adalah untuk membangun soliditas dan sinergitas dalam rangka mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Kota Ternate.

Dalam kesempatan ini Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Maluku Utara Dade Ruskandar menekankan pentingnya memperkuat sinergitas dalam mencegah korupsi di Maluku Utara. Dade mengingatkan kepada Walikota Ternate agar memberikan kewenangan yang lebih besar kepada APIP sebagai salah satu cara mencegah korupsi. Jangan segan-segan untuk meminta BPKP dalam meningkatkan kapabilitas APIP terkait pencegahan korupsi. Lanjut Dade, para APIP bisa belajar lewat BPKP Maluku Utara karena BPKP Maluku Utara mempunyai tenaga ahli dalam audit kinerja, audit keuangan, audit kerugian negara, dan lain-lain. Dade juga menyampaikan bahwa BPKP selalu siap mendampingi para APIP di Maluku Utara.

(Kominfo BPKP Malut/April)