BPKP Malut Siap Kawal Peningkatan MCP Kabupaten Halmahera Utara

Dalam rangka meningkatkan tata kelola Pemerintah Daerah, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan dari Inspektur Kabupaten Halmahera Utara Tony Kapuw pada Rabu Siang (15/06/2022). Kedatangannya disambut dengan hangat oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Safi' Mahmud.

Berlangsung di ruang kerja Kepala Perwakilan, Inspektur Kabupaten Halmahera Utara Tony Kapuw memulai perbincangan dengan menyampaikan maksud tujuannya untuk silaturahmi sekaligus berkonsultasi terkait strategi meningkatkan nilai Monitoring Centre for Prevention (MCP) dari KPK. Untuk menjaga akuntabilitas keuangan desa, Tony juga berkonsultasi terkait pengelolaan keuangan desa dengan menggunakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online dan berkonsultasi terkait dengan pengawasan keuangan desa melalui aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) secara online.  Terkait penilaian MCP, Tony Kapuw meminta saran kepada BPKP Maluku Utara terkait dengan pengelolaan aset desa yang merupakan salah satu indikator penilaian MCP KPK.

Menanggapi hal tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara selalu siap mendampingi dan memberikan pembinaan  dalam pengawalan akuntabilitas pengelolaan dan pengawasan  keuangan desa serta aset desa. Di akhir perbincangannya, Edy mengharapkan dapat terus berkolaborasi dengan Inspektorat Kabupaten Halamahera Utara dalam  Pengawasan Kolaboratif terhadap pengelolaan keuangan, pembangunan, dan aset desa dalam mengatasi tingkat kemiskinan serta meningkatkan kemandirian desa.

(Kominfo BPKP Malut/April)