BPKP Malut Pandu Penggunaan Aplikasi Siswas P3DN

Dalam rangka membantu menyukseskan program Pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan sosialisasi monitoring dan pengawasan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Senin siang (24/05/2022). Kegiatan ini diselenggarakan secara virtualmelalui zoom meetingdan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto, Tim P3DN BPKP Maluku Utara, dan seluruh SKPD se-provinsi Maluku Utara selaku Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022dan Surat dari Kemendagri Nomor 050/1108/IJ tentang Pelaksanaan Monitoring P3DN pada Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto. Dalam sambutannya Bapak Edy menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan P3DN yaitu untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri, serta mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah dalam rangka  ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan sebagai upaya BPKP dalam memantau progress realisasi belanja produk dalam negeri dalam PBJ, dan memberi rekomendasi untuk percepatanvalidasi dan monitoringrealisasi belanja produk dalam negeri.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait penggunaan aplikasi Sistem Pengawasan (Siswas)P3DN dan dilanjutkan dengan praktik penggunaan Siswas P3DN yang dipandu oleh PFA Junaidi Bardadi.

 

(Kominfo BPKP Malut)