BPKP Malut Pastikan PBJ Bidang Kesehatan Berjalan Akuntabel

Dalam rangka menjamin akuntabilitas kegiatan PBJ di bidang kesehatan, Pewakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan Audit Tujuan Tertentu (ATT) atas Pengadaan Barang dan Jasa Penanganan COVID-19 Bidang Kesehatan Triwulan I pada Pemerintah Kota Ternate. Tujuan melakukan ATT PBJ ini untuk memastikan Pengadaan Barang dan Jasa Alat dan Material Kesehatan (Almatkes) COVID-19 dapat berjalan secara efektif, transparan, dan akuntabel.
 
Pelaksanaan ATT atas PBJ penanganan pandemi Covid-19 dilakukan oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara pada tanggal 14 s.d. 25 Maret 2022. Adapun indikator yang dilakukan ATT PBJ diantaranya: ketepatan perencanaan kebutuhan, kewajaran harga, kesesuaian kapasitas penyedia, ketepatan jumlah dan kualitas, serta ketepatan distribusi. Dalam melakukan penugasan ini Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ternate dan Dinas Kesehatan Kota Ternate.
 
Hadirnya Tim BPKP Malut untuk membantu Pemerintah Kota dalam memastikan perencanaan kebutuhan telah memadai, meyakinkan pemenuhan rencana kebutuhan alat testing/tracing dan obat-obatan telah memadai melalui permintaan ke pusat dan provinsi serta pengadaan oleh Pemerintah Kota setempat, realisasi pemenuhan kebutuhan dari sisi jumlah dan waktu sesuai dengan kebutuhan, alat testing/tracing dan obat-obatan telah didistribusikan/dimanfaatkan dengan tepat.
 
(Kominfo BPKP Malut/Idham)