BPKP Malut Berikan Bimtek Peningkatan Tata Kelola Keuangan BUMDes di Wilayah Provinsi Malut

TERNATE – BUMDesa adalah Badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Menurut hasil pemantaun dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara di Wilayah Provinsi Maluku Utara terdapat 630 unit BUMDes yang telah terbentuk, namun sebagian besar belum berjalan secara efektif dan belum mampu membuat laporan pertanggungjawaban BUMDes terutama dalam menyusun laporan keuangan.
 
Memperhatikan hal tersebut Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Keuangan BUMDes dengan membekali 22 BUMDes di Wilayah Provinsi Maluku Utara dengan Aplikasi SAKTI BUMDes. Aplikasi ini dikembangkan oleh BPKP Pusat guna membantu mempermudah BUMDes dalam menyusun laporan keuangan seperti laporan laba/rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas serta laporan perubahan ekuitas.
 
Bimtek dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 28 dan 29 Maret 2022 tersebut bertujuan agar pengelola BUMDes memahami dan mampu menyusun laporan keuangan meskipun perangkat BUMDes tidak memiliki latar belakang akuntansi. Sehingga kendala yang selama ini dihadapi oleh BUMDes terkait pertanggungjawaban BUMDes dalam menyusun laporan keuangan dapat terselesaikan. 
 
(Kominfo BPKP Malut/Pujo)