BPKP Malut Awasi Dana Desa Ke Pelosok Desa di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan

Pengelolaan Dana Desa yang efektif dan efisien mendorong kemajuan dan kemandirian Desa. Untuk mewujudkannya, Pemerintah Desa dihimbau untuk menggunakan dana desa sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku. Sebagai upaya mencegah penyimpangan penggunaan dana desa, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara turut hadir bermanfaat melakukan Pengawasan Intern Desa Triwulan I Tahun 2022 pada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Sebanyak 10 Desa di Kecamatan Oba telah dilakukan pengawasan intern desa oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. Adapun 10 Desa tersebut yaitu Desa Bale, Desa Gita, Desa Koli, Desa Kosa, Desa Talagamori, Desa Talasi, Desa Todapa, Desa Toseho, Desa Tului, Desa Woda.

Indikator yang diawasi dalam kegiatan ini meliputi evaluasi tata kelola dan perencanaan pembangunan desa, evaluasi tata kelola dan akuntabilitas keuangan desa, dan evaluasi tata kelola aset desa.  Untuk mewujudkan Desa yang maju, BPKP menghimbau kepada seluruh elemen desa dan Dinas PMD untuk turut bersinergi dalam mengawal dan mengelola dana desa dengan baik sesuai dengan aturan dan prosedur pemerintah.

Tujuan dari pengawasan intern desa yaitu untuk mengevaluasi aspek perencanaan, akuntabilitas keuangan dan tata kelola aset desa melalui uji petik. Tak hanya menjadi akuntabel, pengawasan intern Desa ini mendorong pemerintah desa untuk peduli akan kekurangan yang masih ada dan evaluasi BPKP dijadikan sebagai sarana untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan keuangan desa.

Dengan kehadiran dari Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, diharapkan desa yang diuji petik merasa terbantu akan hasil evaluasi yang dilakukan BPKP sebagai perbaikan ke depan. Selain itu juga diharapkan dana desa dikelola dengan baik dan tidak ada lagi penyimpangan penggunaan dana desa sehingga kesejahteraan masyarakat desa meningkat lebih baik.

(Kominfo BPKP Malut/Idham)