BPKP Malut Dampingi BPS Dalam Meningkatkan Maturitas SPIP Terintegrasi

Dalam rangka meningkatkan pemahaman Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menjadi narasumber dalam Sosialisasi Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Badan Pusat Statistik Provinsi (BPS) Provinsi Maluku Utara. Bertempat di Aula Kantor BPS Provinsi Maluku Utara, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Kepala BPS Provinsi Maluku Utara Aidil Adha, Koordinator Pengawasan JFA Bidang Pengawasan IPP Wahyu Hartono, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Abdul Rachman Sahib, Kepala BPS Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku Utara, Staf di Lingkungan BPS Provinsi Malut, Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Muhammad Nur Aqsho.

Sosialisasi ini di buka oleh Kepala BPS Provinsi Maluku Utara Aidil Adha. Dalam sambutannya Aidil menyampaikan bahwa SPIP sangatlah penting dalam rangka mendukung pencapaian tujuan organisasi. Lanjutnya, Aidil Adha berharap kolaborasi antara BPS dengan BPKP akan berlanjut terutama dalam bentuk kegiatan asistensi penyelenggaraan SPIP. Aidil menyatakan bahwa dengan adanya sosialisasi Maturitas SPIP ini, ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di Seluruh BPS Kota/Kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Selain itu dengan implementasi SPIP akan mendukung terwujudnya Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

Dalam paparannya Aryanto menyampaikan bahwa penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi ini berbeda dengan SPIP sebelumnya dikarenakan tidak hanya mencakup penilaian struktur dan proses (unsur SPIP) tetapi juga penilaian atas penetapan tujuan dan pencapaian tujuan. Lanjutnya Aryanto juga mengingatkan bahwa penilaian Maturitas SPIP tidak hanya sekedar mengejar skor semata namun dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien, laporan keuangan yang andal, aset yang aman, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sosialisasi diakhiri dengan pemaparan oleh Korwas Bidang Pengawasan IPP dan Tim BPKP Maluku Utara mengenai proses penilaian mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi. (Kominfo BPKP Malut/April)