BPKP Kalteng Pantau Penyaluran Bansos Sembako dan BLT Minyak Goreng di Kabupaten Kapuas

Kapuas (17/06) - Tim Bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Kalteng melaksanakan evaluasi penyaluran bantuan sosial program sembako dan bantuan langsung tunai minyak goreng periode bulan April - Juni Tahun 2022 di Kabupaten Kapuas.

Dengan didampingi Dinas Sosial Kabupaten Kapuas dan aparatur desa, tim telah mewawancarai 49 keluarga penerima manfaat selaku penerima bansos program sembako dan bantuan langsung tunai minyak goreng di 9 desa yang terletak di 5 kecamatan (Basarang, Bataguh, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, dan Selat).

Desa tersebut yakni: Desa Anjir Serapat Baru, Desa Anjir Serapat Tengah, Desa Bakungin, Desa Basarang, Desa Basungkai, Desa Hampatung, Desa Pulau Mambulau, Desa Selat Dalam, serta Desa Selat Tengah.

Kegiatan evaluasi dilakukan guna memastikan bahwa tata kelola basis data penerima bansos tersebut telah dilaksanakan sesuai kriteria serta penyaluran bansos telah tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah.

Selain itu untuk menganalisa serta mengidentifikasi segala permasalahan dan risiko yang timbul selama penyaluran bansos sehingga BPKP Kalteng dapat menyusun dan memberikan rekomendasi strategis dalam mengatasi permasalahan dan risiko yang ada kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyaluran.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)