BPKP Sulbar Lakukan Evaluasi Layanan Air Minum Perpipaan Perkotaan

Polewali Mandar (24/10/2022) – Perwakilan BPKP Sulawesi Barat melakukan Evaluasi atas Layanan Air Minum Perpipaan Perkotaan di Provinsi Sulawesi Barat. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui capaian penyediaan akses air minum perpipaan perkotaan sesuai dengan RPJMN 2020-2024 sehingga masyarakat dapat menjangkau akses air bersih dan air minum.

Dalam kunjungan lapangannya, Tim Perwakilan BPKP Sulbar didampingi langsung oleh pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Barat.

Fokus kunjungan dilakukan pada IKK Mapilli yang terletak di Desa Batupanga Kecamatan Luyo. IKK Mapilli memiliki kapasitas 10 liter/detik, kapasitas tersebut baru dimanfaatkan selama satu tahun sejak tahun 2021 dikarenakan adanya kerusakan pompa intake. Pengoptimalan penyediaan akses air minum perpipaan perkotaan dilakukan dengan memanfaatkan dana APBN dengan BPPW sebagai penanggungjawabnya. Kegiatan tersebut berupa pengembangan jaringan distribusi ke area rumah warga yang belum memiliki akses air. Ditargetkan jumlah Sambungan Rumah (SR) pada pengembangan jaringan distribusi dalam pemenuhan cakupan layanan air minum di IKK Mapilli sebanyak 500 SR, serta perkiraan jumlah jiwa yang dapat terlayani sebanyak 2.500 jiwa.