BPKP Sulbar melaksanakan Evaluasi Penggunaan Dana Transfer bidang Pendidikan pada Kabupaten Majene

Tujuan Evaluasi Dana Transfer adalah meyakinkan ketepatan dan efektivitas penggunaan dana transfer serta dukungan pemerintah daerah dengan fokus pada sektor pendidikan dasar sehingga berkontribusi pada peningkatan akses dan mutu pelayanan Pendidikan.

Pembangunan bidang pendidikan dilakukan melalui intervensi berbagai kebijakan termasuk kebijakan fiskal. Pemerintah berkontribusi dalam penyaluran dana bersumber APBN baik ke daerah maupun langsung ke sekolah-sekolah. Intervensi kebijakan fiskal bidang pendidikan melalui Dana Transfer meliputi Dana Transfer Umum maupun Dana Transfer Khusus.

Secara umum, penerapan kebijakan fiskal melalui dana transfer bidang pendidikan bertujuan untuk mendorong terlaksananya fungsi Pendidikan yang berkualitas, dengan sasaran seluruh peserta didik, tenaga pendidik, dan satuan pendidikan. Selain itu, pemerintah melakukan intervensi terhadap regulasi dalam pemerataan mutu pendidikan.

Dalam mendukung terlaksananya peningkatan mutu pendidikan yang efektif dan merata, Pemerintah menetapkan kriteria minimal tentang sistem pendidikan melalui PP 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar Nasional Pendidikan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah ini mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, atas standar pengelolaan dan standar pembiayaan.