BPKP Sulbar Pastikan Klaim Pengantian Biaya Pelayanan Pasien Covid-19 pada RSUD Majene

Majene (09/08/2022) - Sehubungan dengan pelaksanaan audit tujuan tertentu atas klaim penggantian biaya pelayanan pasien Covid-19, Tim Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat mengawali dengan melakukan entry meeting bersama dengan RSUD Majene yang secara langsung diterima oleh Direktur RSUD Majene dr. Nurlinah Sp.P. Audit ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan serta memberikan saran perbaikan terkait tata kelola klaim penggantian biaya pelayanan pasien Covid-19.

Tata kelola penggantian biaya pelayanan pasien COVID-19 mempunyai beberapa risiko, diantaranya risiko ketidakefektifan, penyimpangan, dan ketidaktepatan jumlah dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, melalui audit ini risiko-risiko tersebut akan diidentifikasi dan memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Pelaksanaan audit ini mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/1112/2022 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Pelayanan Pasien Corona Virus Disease2019 (Covid-19), dan Peraturan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Audit Tujuan Tertentu Klaim Penggantian Biaya Pelayanan Pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Tahun 2022.

Saat ini Tim BPKP Sulbar masih dalam proses pelaksanaan audit dan direncanakan akan berakhir pada tanggal 29 Agustus 2022.