BPKP Babel Sosialisasikan Manfaat Siswakeudes

BANGKA – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri acara Launching Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Jumat (18/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H, Sekda Bangka H Andi Hudirman, Inspektur Kab. Bangka Darius, Kepala Dinas PMD Kab. Bangka, Kepala Dinas Kominfo Kab. Bangka, Para Camat dan Para Kades se Kabupaten Bangka.

Dalam sambutannya, Darius menyampaikan harapannya dengan adanya aplikasi ini seluruh pengelolaan keuangan desa bisa dipantau apabila adanya kelemahan atau masalah kedepannya.

Kaper Faeshol Cahyo Nugroho dalam sambutannya, menyampaikan beberapa manfaat dari penggunaan Aplikasi Siswakeudes antara lain:

1. Menentukan desa prioritas untuk dilakukan audit berdasarkan analisis risiko. Dari 62 desa yang ada di Kabupaten Bangka, kita dapat menentukan desa mana yang akan menjadi prioritas untuk dilakukan pengawasan.
2. Merumuskan peta permasalahan sebagai dasar tindakan selanjutnya.
3. Adanya efisiensi waktu atau menghemat waktu audit.
4. Menghasilkan KKA dan draft LHA secara otomatis dan terstandar.    
5. Pendokumentasian proses dan hasil pengawasan lebih tertib dan rapi.
6. Dashboard manajemen hasil pengawasan desa.

Bupati Mulkan juga mengucapkan banyak terima kasih kepada BPKP karena dengan adanya sistem aplikasi yang sudah dibuat BPKP ini memberikan kemudahan kepada pihak pemdes dan Inspektorat Bangka mulai dari tingkat perencanaan , pelaksanaan hingga pertanggungjawaban keuangan.