BIMTEK Kapabilitas APIP Kab. Bangka Tengah

Koba, (24/06) - Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Peraturan Presiden RI Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penilaian Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah pada Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah, Tim dari Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3APIP) melaksanakan Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arah bagi pimpinan APIP dalam upaya penilaian mandiri kapabilitas APIP guna menetapkan level APIP saat ini atau menuju ke level yang lebih tinggi.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari bertempat diruang rapat kantor Inspektorat Kabupaten Kota Bangka Tengah dan diikuti oleh 15 orang JFA dan pejabat struktural. Sebelum memulai pembahasan, kegiatan bimtek ini dibuka dengan pretest terkait Kapabilitas APIP untuk mengetahui tingkat pemahaman APIP mengenai Kapabilitas APIP itu sendiri, dan pada hari terakhir kegiatan akan ditutup dengan post test untuk mengetahui kadar pemahaman peserta setelah menikuti bimtek, serta sebagi media evaluasi bagi nara sumber untuk terus melakukan improvement di masa yang akan datang.

Kedepannya, dengan adanya bimtek ini APIP Kabupaten Bangka Tengah mampu melakukan dan menyelesaikan penilaian mandiri terhadap level kapabilitasnya sesuai dengan Perban 8 Tahun 2021 secara tepat waktu.