Roadshow Implementasi SPIP dan Peningkatan Kapabilitas APIP WIlayah Babel

BANGKA BARAT  (7/4/2022) – Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung Faeshol Cahyo Nugroho didampingi oleh Koordinator Bidang AN Edi Santoso dan JFA melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Bangka Barat di Muntok.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Bupati Bangka Barat Sukirman beserta Sekretaris Daerah, Kepala Bakuda, Inspektur, dan Direktur Perumda Air Minum, serta Direktur RSUD di Ruang Kerja Bupati Bangka Barat.

Kaper BPKP Babel Faeshol Cahyo menyampaikan pentingnya implementasi tata kelola pemerintahan yang baik dan implementasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko, serta penguatan APIP daerah.

Berdasarkan data terakhir, capaian nilai penerapan SPIP di Pemerintah Kabupaten Bangka Barat baru mencapai level 2 dan kapabilitas APIP mencapai level 2, sehingga perlu dorongan dan komitmen bersama agar capaian penerapan SPIP dan kapabilitas APIP dapat mencapai level 3. Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk mewujudkan dua hal tersebut.

Sukirman selaku Bupati Bangka Barat menyampaikan terima kasih atas perhatian Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia berharap BPKP Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dapat terus menjalin koordinasi yang baik agar tata kelola pemerintah yang baik yang salah satunya diwujudkan dalam capaian implementasi SPIP dan kapabilitas APIP level 3 dapat segera terwujud.

Usai bertemu dengan Bupati Bangka Barat, Faeshol melanjutkan kunjungan kerja ke Kantor Inspektorat Kabupaten Bangka Barat dan bertemu dengan Inspektur Fahriansyah, berserta jajaran Inspektorat. Faeshol menyampaikan hal terkait upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kapabilitas dan kompetensi auditor inspektorat. Ia pun berkesempatan meninjau pembangunan peleburan timah di lokasi unit Metalurgi PT Timah Tbk, dan melakukan kunjungan ke Kantor Perumda Air Minum Tirta Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat.

(Kominfo BPKP Babel)