BPKP NTB Pastikan Progress 30,28% Bendungan Meninting

Gunungsari - Jumat (17/6) lalu telah terjadi banjir di Sungai Meninting, Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari, NTB. Luapan air yang deras berasal dari hulu sungai meninting. Isu yang beredar tanggul Bendungan Meninting jebol.

Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, Tim BPKP NTB terjun ke lapangan untuk memastikan kondisi sebenarnya dari Bendungan Meninting.

Dari hasil pengawasan cepat (quick was) yang dilakukan, diketahui bahwa banjir tersebut bukan dari tanggul bendungan yang dikabarkan jebol sebagaimana isu yang beredar di publik, melainkan dari derasnya air kiriman dari hujan di daerah hulu yang bergerak menuju lokasi konstruksi bendungan sementara atau Temporary Cofferdam.

Temporary Cofferdam merupakan bangunan sementara yang difungsikan untuk pengalihan/pengelakan alur sungai sebelum konstruksi bendungan utama (main cofferdam) selesai.

Mengantisipasi kondisi ke depan, tim juga memberikan rekomendasi dan saran perbaikan dalam proses konstruksi Bendungan Meninting.

Bendungan ini termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air yang direncanakan selesai pada Tahun 2024.

Dari hasil monitoring, progress pekerjaan fisik konstruksi per 17 Juni 2022 telah mencapai 30,28%. Tidak ada korban jiwa dalam insiden banjir tersebut.

(Kominfo BPKP NTB)