Pentingnya MR dan Penyusunan Register Risiko

Kab. Bima - Setiap organisasi tidak terlepas dari risiko dalam menjalankan dan mengelola roda organisasinya, termasuk juga dengan institusi pemerintahan.

Berbagai jenis risiko akan dihadapi, sehingga perlu dikelola dan dimitigasi dengan baik, ibarat pepatah “Sedia payung sebelum hujan, untuk itu perlunya mengantisipasi masalah sebelum terjadi”.

Pada tanggal 22 - 23 April 2022 di Aula Kantor Bupati Bima, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB, Ilham Nurhidayat didampingi oleh Korwas Bidang APD, Darhilman dan tim melakukan Bimbingan Teknis Manajemen Risiko dan Penyusunan Register Risiko pada Pemerintah Kabupaten Bima yang langsung dihadiri oleh Bupati Bima dan jajaran. Bimtek  diikuti oleh seluruh OPD terkait dilingkungan Pemda Kabupaten Bima, yang pada saat bersamaan akan menyusun RPJMD dan Renstra.

Dari kegiatan ini diharapkan Pemerintah Daerah dapat menyusun dan mengelola risiko-risiko yang akan terjadi dalam menjalankan tata kelola pemerintahan dalam penggunaan anggarannya secara akuntabel sehingga visi misi dan program-program yang telah ditetapkan dapat tercapai.

(Kominfo BPKP NTB)