BPKP NTB Siap Dampingi Pemprov NTB dan Kab/Kota

Mataram - SAKIP merupakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dimana SAKIP ini sebagai manajemen kinerja sektor publik untuk mendukung tujuan negara, dan keberhasilan suatu instansi pemerintah diukur dari SAKIP.

Selasa (19/4), Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, bersama Kepala Perwakilan BPKP NTB, Ilham Nurhidayat, Deputi Kemenpan RB, Erwan Agus Purwanto, Sekda Provinsi NTB, dan Bupati/Walikota se-NTB melakukan Launching SAKIP Provinsi Kategori “A” dan SAKIP Kabupaten/Kota Kategori “BB”, di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB.

Dalam rangkaian Launching tersebut, dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk meraih SAKIP “A” Provinsi dan SAKIP “BB” Kabupaten/Kota yang disaksikan oleh Wagub, Kepala Perwakilan BPKP NTB, Deputi Kemenpan RB dan Sekda Provinsi NTB.

Wagub mengatakan, dari tahun ke tahun, nilai SAKIP Provinsi NTB dan Kabupaten/Kota terus mengalami peningkatan. Untuk dapat meraih kategori “A” dan “BB” tersebut, tidak bisa dilakukan sendiri. Perlu sinergi dan kolaborasi untuk merancang program kerja yang baik, terarah, dan berdampak bagi masyarakat.

“NTB tidak mau kalah dengan Provinsi lain yang sudah memperoleh nilai A, Insha Allah dengan sinergi kita akan dapat meraihnya,” pungkasnya.

“Bukan hanya laksanakan program, tetapi bagaimana program itu bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Dalam arahannya, Kepala Perwakilan BPKP NTB, Ilham Nurhidayat juga menjelaskan mengenai pentingnya “making delivered”.

Bagaimana benar-benar dirasakan manfaatnya, bukan seberapa besar dana yang telah dihabiskan, tetapi seberapa besar kinerja (output dan outcome) yang dihasilkan dari pelaksanaan program dan kegiatan.

“Saya mengapresiasi atas SAKIP yang telah diperoleh oleh Provinsi NTB. Bagaimana kita sama-sama berkomitmen, seluruh stakeholders dalam meningkatkan dari sisi kualitas perencanaan.

(Kominfo BPKP NTB)