Penandatangan MOU BPKP dengan Universitas Lambung Mangkurat

Senin (23/5) dilangsungkan penandatangan MOU antara BPKP dengan Universitas Lambung Mangkurat yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat. MOU ditandatangani oleh Bapak Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bapak Binsar H. Simanjuntak dengan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Bapak H. Sutarto Hadi dengan tema penguatan tata kelola universitas yang baik.

Dalam sambutannya Bapak deputi menyampaikan bahwa dengan Reformasi Keuangan Negara, PTN diharapkan dapat memberikan pelayanan publik dalam bidang Pendidikan Tinggi secara optimal, oleh karenanya bentuk PTN Badan Layanan Umum menjadi salah satu alternatif dimana fleksibilitas pengelolaan keuangannya diberikan namun demikian perlu terjamin transparansi dan akuntabilitasnya.

MOU ini antara lain mengagendakan pendampingan dalam proses untuk menjadi BLU, penyelenggaraan SPIP, penguatan kapasitas Satuan Pengawasan Internal, serta pengawalan program strategis pemerintah terutama pada akuntabilitas Program Desa.

Acara dilanjutkan dengan kuliah umum dengan materi Risk Management dan Fraud Control Plan sebagai strategi pemberantasan korupsi, dalam penjelasannya Bapak Deputi menegaskan perlunya tone at the top jajaran pimpinan Universitas Lambung Mangkurat untuk memberikan teladan, mengimplementasikan nilai integritas dan etika, serta dibangunnya three lines of defence dengan membangun SPIP, memantau penyelenggaraan SPIP dan Penguatan Kapabilitas APIP.  (Heru M, 23/5)