Implementasikan Aplikasi FMIS & Sukseskan Program P3DN, BPKP Papua Kunjungi Sekda Kab Mimika

MIMIKA (05/04) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Tri Wibowo Aji didampingi Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Pemerintah Daerah 2 (APD2), Abdul Rofiek melakukan kunjungan ke Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar, Inspektur Kabupaten Mimika, Sihol Parlingotan beserta jajaran pimpinan Pemerintah Kabupaten Mimika di Grand Mozza Hotel Kabupaten Mimika.

Kunjungan ini dalam rangka memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Papua dengan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam upaya bersama untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah baik berupa penerapan Aplikasi Financial Management Information System (FMIS), serta rencana pembetukan tim percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan pembentukan e-Katalog lokal yang diperkuat oleh system beserta regulasinya.

Aplikasi FMIS membantu pemerintah daerah dalam melaksanaan pengelolaan keuangan daerah mulai dari penganggaran, pelaksanaan, pertangungjawaban secara otomatis. Demikian proses penyusunan laporan keuangan dapat terlaksana dengan lebih efisien dan akurat. Selain itu, data keuangan yang tersimpan dapat dimanfaatkan stakeholder untuk keperluan manajemen serta menyajikan informasi yang akurat secara efektif dan efisien.

Selain itu, rencana implementasi Program P3DN ini bertujuan untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Gomar menyampaikan rasa terima kasih dan menyambut hangat kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua dan berharap kedepannya rencana implementasi serta pendampingan dari BPKP ini dapat berjalan dengan lancar. Gomar juga kerjasama yang sudah terjalin antara Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua dapat ditingkatkan lagi.

(Kominfo BPKP Papua)