Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP di Wilayah Provinsi Papua

JAYAPURA- Selasa, 25 Januari 2022. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Tri Wibowo Aji, membuka kegiatan Workshop Kapabilitas APIP yang dilakukan secara daring, ia menyampaikan peran strategis APIP dalam pemerintahan. Pertama, APIP dituntut adaptif untuk mengawal akuntabilitas dan memberikan value kepada organisasi di tengah perubahan (pandemi Covid-19, perkembangan teknologi, dll). Kedua, peran APIP tidak hanya sebagai Watchdog, tetapi juga sebagai Trusted Advisor, dan Strategic Partner. Ketiga, perlunya sinergi dan kolaborasi pengawasan intern dalam mendorong peningkatan komitmen bersama untuk memperluas manfaat pengawalan akuntabilitas.

WorkshopKapabilitas APIP dilaksanakan selama 3 hari, 25-27 Januari 2022, dengan menghadirkan 5 narasumber, yaitu:

  1. Budiarto (Korwas bidang APD 1);
  2. Abdul Rofiek (Korwas bidang APD 2);
  3. Mujiyanto (Korwas bidang Investigasi);
  4. M. Onny Soeryono (Pengendali Teknis bidang APD 2); dan
  5. Doni K. Subardo (Auditor Muda bidang P3APIP).

Workshop Kapabilitas APIP dilaksanakan untuk menyebarluaskan pedoman terbaru yang diterbitkan oleh BPKP tentang Pedoman SPIP Terintegrasi, Kapabilitas APIP, dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) kepada seluruh APIP Daerah di wilayah Provinsi Papua.

Melalui kegiatan ini, diharapkan APIP Daerah menyadari betapa pentingnya kebutuhan akan peningkatan kapabilitasnya untuk menunjang peran dan fungsinya dalam penerapan SPIP Terintegrasi di masing-masing lingkungan Pemerintah Daerah sehingga tujuan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah yang ekonomis, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel dalam rangka kesejahteraan masyarakat segera dapat diwujudkan.