Koordinasi Dalam Pencegahan Korupsi Antara BPKP Papua Dan Kejaksaan Tinggi Papua

Jayapura (01/09) Dalam rangka meneguhkan sinergi dan koordinasi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Tinggi Papua.

Kedatangan Yan disambut hangat Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo yang saat itu didampingi oleh Asisten Pidana Khusus, Lukas Alexander Sinuraya. “Selamat datang di bumi cendrawasih,” sambut Nikolaus.

 

Diawali dengan perkenalan sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua yang baru, Yan yang didampingi Korwas Bidang Investigasi dan Korwas Bidang IPP menegaskan bahwa BPKP dengan Kejaksaan perlu terus meningkatkan kerjasama dan sinergi dalam pencegahan korupsi. “Kami melihat beberapa tahun terakhir, permintaan audit investigatif dan audit penghitungan kerugian keuangan negara, baik dari Kejati maupun Kejari relatif belum banyak,” kata Yan. BPKP Papua siap mendukung kegiatan pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan dengan menyiapkan personil untuk mendukung upaya-upaya tersebut. “Dalam hal penanganan perkara yang berindikasi korupsi, kami siap membantu dari aspek akuntansi/audit sehingga proses penanganan perkara diharapkan akan lebih efektif,” tegas Yan.

Menanggapi Yan, Nikolaus akan mendorong seluruh jajaran Kejaksaan Negeri di Provinsi Papua untuk meningkatkan kerjasama dengan BPKP. “Hubungan Kejaksaan dan BPKP sudah terjalin cukup lama, tidak saja di Papua tapi di seluruh Indonesia. Kami membutuhkan dukungan auditor BPKP terutama dalam penanganan perkara korupsi yang rumit, dalam rangka membuktikan ada tidaknya kerugian keuangan Negara,” ucap Nikolaus.

 

Dari pertemuan kedua pejabat tersebut muncul keinginan untuk saling tukar pengetahuan (sharing knowledge). Yan berharap agar Kejaksaan Tinggi Papua dapat memberikan pelatihan mengenai aspek hukum kepada auditornya, sementara BPKP bersedia memberikan pengenalan lebih mengenai Akuntansi Pemerintahan dan Audit Kerugian Negara sehingga BPKP dan Kejaksaan dapat saling mengisi.

Selanjutnya  Yan maupun Nikolaus bersepakat akan meningkatkan kualitas komunikasi dan koordinasi dalam bentuk kegiatan informal seperti olahraga, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Mengakhiri kunjungannya Yan dan Nikolaus berfoto bersama sambil kembali berkomitmen untuk terus meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara Kejaksaan dan BPKP.

(KOMINFO BPKP PAPUA/ Frisca)