BPKP Maluku Cek Stock Opname Vaksin pada Entitas Pelayanan Kesehatan di Kota Ambon

AMBON (31/1) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menerjunkan tim Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) dalam melaksanakan kegiatan monitoring atas pelaksanaan stock opname persediaan vaksin Covid-19 per 31 Desember 2022 di lingkungan TNI dan POLRI pada tanggal 17 s.d. 31 Januari 2023 lalu.

Kegiatan dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan keyakinan terbatas atas pelaksanaan stock opname vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh Inspektorat Komando Daerah Militer (Itdam) XVI/Pattimura, serta Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Maluku telah dilakukan sesuai dengan ketentuan. Adapun sasaran kegiatan tersebut adalah penilaian ketepatan jumlah dan administrasi atas pelaksanaan stock opname.

Tim monitoring disebar ke beberapa titik entitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Ambon mulai tanggal 17 hingga 31 Januari 2023. Salah satunya yaitu tim melakukan monitoring stock yang bertempat di gudang farmasi Rumah Sakit Tingkat II (RST) J.A. Latumeten Ambon pada Rabu (25/1), serta di gudang farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Ambon pada Jumat (27/1).

Kegiatan monitoring ini diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kecurangan dalam pengelolaan stock vaksin dan dapat mewujudkan tata kelola data persediaan vaksin Covid-19 yang akuntabel.

 

 

(Tim Bidang IPP/RZA)