Kaper BPKP Maluku Hadiri Launching dan Talkshow PELITA Si TANI

Ambon (28/11) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi menghadiri acara Launching dan Talkshow PELITA Si TANI yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku di Hotel Grand Avira pada Senin (28/11).

Strategi Pelibatan Stakeholder dalam Optimalisasi Pembiayaan Petani atau PELITA Si TANI merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang diusung oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ilham Tauda, yang merupakan salah satu kegiatan dari Aksi Perubahannya dalam Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XXV Tahun 2022. Ilham Tauda selaku reformer aksi perubahan pada proyek PELITA Si TANI ini mengaku, inovasi tersebut terkait optimalisasi pembiayaan petani yakni KUR Pertanian dan asuransi tani.

"Aksi perubahan ini terkait pembiayaan petani. Jadi, kita kemas dalam proyek PELITA Si TANI, dimana inovasi dan pelayanan manajemen melalui aksi kolaborasi stakeholder dalam optimalisasi pembiayaan petani, yaitu KUR Pertanian dan asuransi tani,” ungkap Ilham Tauda.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, mengapresiasi dan menyambut baik inovasi dan terobosan ini. Gubernur juga berharap pihak Dinas Pertanian dapat meningkatkan pendampingan dan pembinaan terhadap petani melalui penyuluhan pertanian di desa-desa dan mensosialisasikan program KUR Pertanian dan asuransi tani secara luas di seluruh Kabupaten/Kota se-Maluku.  

Pemukulan tifa secara bersama-sama menandai dibukanya acara Launching dan Talkshow PELITA Si Tani ini. Dan dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi turut menyampaikan apresiasi dan menyambut baik inovasi tersebut. Yunaedi berharap inovasi yang mengusung strategi melibatkan stakeholder tersebut dapat mendorong optimalisasi KUR Pertanian dan asuransi tani di Maluku, sehingga rendahnya akses petani terhadap pembiayaan pertanian dapat diatasi.

Acara Launching dan Talkshow tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Maluku, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Bhakti Artanta, Kepala OJK Provinsi Maluku Roni Nazra, Ketua TGPP Maluku Hadi Basalamah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi, sejumlah staf ahli dan Asisten Pemprov Maluku, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan perbankan, akademisi, pelaku Pertanian, ASN di lingkup Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan para tamu undangan yang hadir langsung maupun via online.        

          

 

(Kominfo BPKP Maluku/ABW/AKB)