BPKP Kawal Akuntabilitas Proyek Pembangunan Jaringan Irigasi Kabupaten Seram Bagian Timur

Seram Bagian Timur (29/10) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melaksanakan reviu atas pembayaran hasil pekerjaan pembangunan jaringan irigasi D.I. Bubi di Kabupaten Seram Bagian Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama sepekan yakni pada 24 s.d. 29 Oktober 2022.

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melalui Bidang Pengawasan IPP menerjunkan tim dalam rangka Reviu atas Pembayaran Hasil Pekerjaan Pembangunan Jaringan Irigasi D.I. Bubi di Kabupaten Seram Bagian Timur. Selama sepekan yakni pada 24 s.d. 29 Oktober 2022, tim melakukan penghitungan realisasi pekerjaan dengan target sepanjang 40,9 km. Pembangunan jaringan irigasi D.I. Bubi telah dilaksanakan sejak 2017, yang direncanakan akan berakhir pada 31 Desember 2022 mendatang.

Kegiatan reviu tersebut merupakan permintaan dari Balai Wilayah Sungai Provinsi Maluku guna memberikan keyakinan terbatas atas kesesuaian pembayaran pada pekerjaan ini. Hasil penghitungan realisasi pekerjaan tersebut nantinya akan menjadi masukkan kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Maluku sebagai pertimbangan dalam melakukan pembayaran selanjutnya. Hal ini demi kelancaran penyelesaian pekerjaan di akhir tahun nanti dengan hasil pekerjaan yang akuntabel dari sisi keuangan negara.

Saluran irigasi sepanjang 40,9 km yang terbangun nanti diharapkan mampu mengairi 3.750 Ha lahan pertanian serta meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang IPP Akhda Himmawan dan Pengendali Teknis (Dalnis) Rizal Pahlawi turut mendampingi tim yang diketuai Husni Iswanto bersama empat anggota tim yang terdiri dari Hakkam Wardhani, Andreas Galih, Putu Hari, dan Naufal Hady.

 

 

(Tim Bidang IPP – Kominfo BPKP Maluku)