Program PISEW Sentuh Banda Neira, BPKP Segera Lakukan Audit Kinerja

Banda (18/7) - Dalam rangka melakukan Audit Kinerja PISEW tahun 2021, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melakukan penugasan ke Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 16 hingga 18 Juli 2022. Penugasan yang dilaksanakan selama 3 hari ini bertujuan untuk melakukan penilaian terkait capaian kinerja/keberhasilan Kementerian PUPR dalam melaksanakan kegiatan PISEW dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 12 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali,Tanah Rata, Lonthoir, Walang, Katoro, Kumber, Selamon, Dender, Waer dan Pulau Hatta.

Topografi pulau ini cenderung datar, sehingga memungkinkan didirikannya kota kecil. Pulau Banda Neira memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan bandara. Penduduk pulau ini berjumlah 14.000 jiwa. Terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Banda Neira diantaranya adalah Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini Neira, Rumah Budaya Banda Neira, Rumah Pengasingan Bung Hatta, Lava Flow.

Selain dijadikan lokasi wisata, Banda juga ditetapkan sebagai lokasi bantuan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat. Kecamatan Banda menjadi salah satu lokasi di Kabupaten Maluku Tengah, selain Salahutu dan Seram Utara, yang dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan program Pengembangan Infrasutruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun anggaran 2021.   

Dalam rangka melakukan Audit Kinerja PISEW tahun 2021, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melakukan penugasan ke Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 16 hingga 18 Juli 2022. Penugasan yang dilaksanakan selama 3 hari ini bertujuan untuk melakukan penilaian terkait capaian kinerja/keberhasilan Kementerian PUPR dalam melaksanakan kegiatan PISEW dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Penugasan PISEW kali ini mengambil lokasi di 2 desa di Kecamatan Banda yakni Desa Lonthoir dan Desa Boiyau, dengan objek yang dilakukan berupa pengecekan fisik pekerjaan jalan rabat beton sepanjang 802 meter dan pembuatan 6 unit gazebo. Pelaksanaan program PISEW tahun 2021 diharapkan dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas permukiman, terutama di Provinsi Maluku.

 

 

(Kominfo BPKP Maluku/Tim Bidang IPP)