Listrik Sempat Padam, FGD P3DN BPKP Bersama OPD Se-Maluku Tetap Berjalan

Ambon (15/3) – Sesuai arahan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh bahwa setiap Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia harus turut dalam pelaksanaan pengawasan atas implementasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di daerah, maka digelarlah kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya mendukung program P3DN tersebut.

Pada Selasa (15/3) Perwakilan BPKP Provinsi Maluku bersama OPD se-Maluku menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “P3DN dalam Mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022”, bertempat di ruang aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku pada pukul 14.00 WIT.

Kegiatan FGD tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi didampingi Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Ngudi Prasojo. Dalam sambutannya Yunaedi menyampaikan bahwa pada tahun 2022 pemerintah pusat meminta kepada seluruh pemerintah daerah yang ada di 34 Provinsi termasuk Kementrian/Lembaga agar dapat memanfaatkan kegiatan Pengadaan Barang/Jasa terutama produk-produk dalam negeri. Untuk itu, BPKP diminta turut serta melakukan pengawasan atas peningkatan produksi dalam negeri pada pemerintah daerah, salah satunya di Provinsi Maluku.

Dengan diselenggarakannya FGD P3DN ini diharapkan seluruh kegiatan PBJ Tahun 2022 dapat mengoptimalkan potensi dalam negeri. Selain itu, masih dalam sambutannya, Yunaedi berharap dari hasil diskusi di kegiatan FGD ini dapat menghasilkan strategi dan solusi atas permasalahan yang akan di hadapi. 

Setelah mendengarkan sambutan Kepala Perwakilan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan paparan dari narasumber. Namun ditengah kegiatan, listrik di kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku sempat padam hingga lebih dari satu jam. Meski begitu kegiatan FGD tetap dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab baik dari peserta yang hadir secara langsung maupun secara daring.

Kegiatan berjalan lancar hingga listrik kembali menyala hingga pukul 17.30 WIT. Kegiatan FGD ini dilaksanakan secara hybrid dan turut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku, Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Layanan PBJ Sekretariat Daerah Provinsi Maluku, Kepala Subbagian Pembinaan dan Advokasi PBJ Provinsi Maluku, perwakilan Dinas PUPR Provinsi Maluku, dan para Korwas Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

 

 

(Kominfo BPKP Maluku)