Kejati Maluku dan BPKP Saling Perkuat Sinergi dalam Upaya Berantas Korupsi

Ambon (30/9) – Guna membangun sinergi dalam upaya memberantas tindak pidana korupsi di Provinsi Maluku, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Rorogo Zega beserta jajaran menyambangi kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku pada Rabu (30/9). 

Kunjungan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Rorogo Zega didampingi Asisten Tindak Pidana Khusus M. Rudy dan Kasi Penyidikan Ye Oceng Almahdali ini, diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili di ruang kerjanya. Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi sekaligus guna membangun sinergi dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depannya, terutama terkait dengan upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Provinsi Maluku.

Dalam kesempatan tersebut, Kajati Rorogo Zega memaparkan beberapa kasus dugaan korupsi yang tengah ditangani oleh penyidik di Kejati Maluku dan selalu menjadi topik hangat di berbagai media massa di Maluku belakangan ini. Kasus-kasus tersebut antara lain kasus dugaan korupsi repo obligasi saham Bank Maluku, kasus dugaan korupsi pembangunan taman kota di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan kasus dugaan korupsi anggaran operasional Kapal Motor Penumpang (KMP) Marsela di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dari ketiga perkara tadi, Kajati menjanjikan agar proses penyidikannya cepat rampung dalam kurun waktu sebulan. Untuk itu, Kejati Maluku tengah mempersiapkan surat permintaan ekspos ke Perwakilan BPKP Provinsi Maluku terkait pelaksanaan audit penghitungan kerugian negara. Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili yang saat itu didampingi oleh Korwas Bidang Investigasi Sapto Agung Riyadi, meminta progres penyidikan tidak memakan waktu yang lama agar tidak menyisakan ruang untuk gelar praperadilan yang berpotensi menghambat pengusutan kasus. Kepala Perwakilan juga menyanggupi dengan mengatakan bahwa BPKP akan siap membantu dalam proses audit investigatifnya. 

Pertemuan yang berlangsung dengan penuh keakraban itu sebelumnya dibuka dengan salam perkenalan Rorogo Zega yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, menggantikan posisi Yudi Handono yang saat ini telah menjabat di Kejaksaan Agung di Jakarta. Kajati juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena ini merupakan kunjungan perdananya ke kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. 

 

 

(Kominfo BPKP Maluku)