Diklat Manajemen Risiko bagi APIP Se-Sulawesi Utara Resmi Ditutup

Manado (25/11) – Setelah dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai pada 21 November 2022 dan berakhir pada 25 November 2022 di Hotel Luwansa, Kota Manado, Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik di Lingkungan APIP Wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui STAR AF resmi ditutup oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring.

“Implementasi manajemen risiko di lingkungan kerja masing-masing harus ditingkatkan setelah mengikuti pelatihan ini”, ujar Kaper.

Saat ini setiap organisasi pastinya akan dihadapi oleh berbagai risiko dalam menjalankan kegiatannya. Karena itu, tambah Kaper, dibutuhkan pengelolaan berbagai risiko tersebut agar organisasi dapat bertahan dan menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam pencapaian tujuannya.

“Manajemen risiko itu adalah memanage sesuatu yang tidak pasti tetapi kita bisa mengaturnya sehingga risiko yang akan muncul tidak akan terjadi”, ungkap Kaper.

Kaper berharap, setelah mengikuti diklat tersebut, ilmu serta pengetahuan yang diperoleh, dapat diimplementasikan pada kehidupan organisasi dan sehari-hari. Sehingga, pengelolaan risiko dapat berjalan optimal untuk mencapai keberhasilan tujuan organisasi.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara dengan materi yang disampaikan meliputi konsep manajemen risiko, identifikasi risiko, serta budaya risiko.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)