Pengelolaan Arsip Guna Mendukung Kinerja Pegawai di BPKP Sulawesi Utara

Manado – Sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber informasi dalam mendukung kinerja pegawai, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara melakukan pengelolaan dan penataan arsip di Gedung Arsip BPKP Sulawesi Utara di Mapanget Kota Manado, Kamis (10/10).

Penataan dan pengelolaan arsip dilakukan guna menghasilkan arsip yang tertata dengan baik sehingga memudahkan pencarian informasi dalam proses pengambilan keputusan serta proses pertanggungjawaban saat pelaksanaan tugas.

Dalam prosesnya, arsip akan dibedakan antara arsip inaktif dan arsip aktif untuk selanjutnya dilakukan pemilahan dan pengelompokkan sesuai dengan jenis arsipnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring turut hadir untuk memantau pelaksanaan penataan dan pengelolaan arsip di gedung arsip BPKP Sulawesi Utara.

Menilik fungsi dan kegunaannya, arsip terdiri dari arsip dinamis dan arsip statis. Arsip dinamis meliputi tiga jenis, yaitu arsip aktif, arsip inaktif, dan arsip vital. Arsip aktif sendiri merupakan arsip yang frekuensi penggunaannya semakin meningkat. Sedangkan arsip inaktif merupakan arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun. Sehingga dibutuhkan pengelolaan dan pembenahan arsip aktif dan arsip inaktif secara berkala guna mendukung kinerja pegawai dalam penugasannya

Kearsipan sendiri berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai macam bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, orgasisasi politik, organisasi massa, dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)