BPKP Kawal Penanganan Dampak Inflasi di Kabupaten Minahasa

Tondano –Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selalu siap mengawasi dan mendampingi pelaksanaan penanggulangan inflasi di Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring didampingi Korwas Bidang APD Glenn Davies Siwu melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa dalam rangka koordinasi pengawasan dan pendampingan penanganan dampak inflasi sebagai akibat kenaikan BBM di Kabupaten Minahasa, Kamis (22/9).

Pada kunjungan tersebut, Kepala Perwakilan langsung berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, Inspektur, serta para pimpinan OPD yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Minahasa.

Koordinasi dilakukan untuk memperoleh keyakinan terkait pembentukan dana penanggulangan inflasi dan rencana kegiatan penanganan dampak kenaikan BBM sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 Tentang Belanja Wajib dalam rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022dan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tidak Terduga Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Daerah.

Kaper menyampaikan bahwa semua bisa berjalan dengan baik apabila pembentukan anggaran bisa disesuaikan dengan ketentuan pelaksanaannya. Karena itu, ia berharap kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang dalam mengatasi inflasi, sudah tepat dan seusai aturan.

“BPKP akan selalu siap memberikan konsultasi pendampingan kepada Pemkab Minahasa”, ujar Kaper.

Pada kesempatan tersebut, sekretaris daerah menyampaikan jumlah anggaran yang telah dibentuk. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas arahan dan pendampingan BPKP dalam penanganan dampak inflasi di Kabupaten Minahasa. Pembentukan pencadangan lama tersebut telah dikonsultasikan kepada BPKP pada waktu sebelumnya.

Usai koordinasi, kaper didampingi TPID Minahasa mengunjungi Pasar Rakyat Tondano untuk melihat dari dekat pergerakan harga komoditas cabe, bawang merah, dan bahan pokok lainnya sebagai pemicu inflasi di Sulawesi Utara.

Selain itu, dilakukan juga kunjungan ke lapangan untuk melihat perkebunan cabe sebagai penjaminan kecukupan persediaan bagi kebutuhan di Kabupaten Minahasa dalam menghadapi inflasi di daerahnya. Hal itu sekaligus sebagai persiapan penanggulangan inflasi melalui kegiatan penanaman komoditas cabe yang akan dilakukan masyarakat Kabupaten Minahasa.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)