BPKP Sulut Dorong Pemkot Bitung Tingkatkan Pembangunan Daerah dengan Optimalkan PAD

Bitung – Sebagai upaya memperbesar peran pemerintah daerah dalam pembangunan, pemerintah daerah dituntut untuk lebih mandiri dalam membiayai kegiatan operasional rumah tangganya, salah satunya melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan yang diperoleh pemerintah suatu daerah dari sumber daya daerah itu sendiri yang terdiri dari hasil pajak daerah, retribusi daerah, maupun pengelolalan kekayaan daerah.

Guna memastikan Pendapatan Asli Daerah dikelola secara optimal, efektif dan akuntabel, tim Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara melakukan evaluasi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (OPAD) Tahun 2022 pada Pemerintah Kota Bitung, Kamis (17/06).

Sehubungan dengan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring melakukan kunjungan dalam rangka memonitoring tim yang akan melakukan tugas evaluasi OPAD pada Pemkot Bitung. Kaper langsung disambut Sekretaris Daerah Rudy Theno beserta Inspektur Kota Bitung Yoke Senduk di kantor Walikota Bitung.

Dalam kunjungannya, Kaper mengarahkan tim dan juga berkoordinasi dengan Pemkot Bitung terkait penugasan yang akan dilakukan oleh tim BPKP. Agar berjalan maksimal, Pemkot Bitung harus kreatif dalam menggali potensi pendapatan terutama dari pajak dan retribusi daerah. Ia menambahkan bahwa BPKP akan terus mendampingi dan memberikan bantuan serta masukkan terkait OPAD di Pemkot Bitung.

“Dengan kerjasama semuanya bisa berjalan baik dan lancar”, ujar Kaper.

Sementara itu, Sekda menyampaikan apresiasi kepada BPKP atas pendampingannya. Ia berharap kegiatan evaluasi berjalan maksimal sehingga OPAD dapat berkontribusi bagi pembangunan di Kota Bitung.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)