Komitmen BPKP dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan di Pemkab Kepulauan Talaud

Manado – Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring membuka kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes bagi APIP Inspektorat serta Bimtek Implementasi Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) Berbasis Web yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Rabu (01/06).  

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa BPKP terus berkomitmen membantu dan mendampingi Pemkab Talaud dalam meningkatkan kapabilitas APIP dan pengelolaan keuangan daerah. Baik melalui Siskeudes, Siswaskeudes, dan FMIS serta kegiatan konsultasi lainnya.

Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes, tambah Kaper, digunakan dalam rangka mengelola dan mengawasi keuangan desa. Sedangkan FMIS digunakan untuk memperlancar proses panatausahaan hingga pelaporan keuangan pemda. Sehingga lewat aplikasi tersebut pengelolaan keuangan di desa dan Pemkab Kepl. Talaud dapat berjalan transparan, efektif, dan akuntabel.

Karena itu ia berharap melalui Bimtek yang diadakan, kapabilitas dan pengetahuan APIP dalam melakukan pengawasan khususnya pengawasan pengelolaan keuangan desa, dan peningkatkan kompetensi ASN di badan keuangan dalam menatausahaan dan melaporkan keuangan daerah dapat ditingkatkan.

Kaper juga meminta agar para peserta mengikuti Bimtek dengan serius sehingga ilmu yang diajarkan dapat diimplementasikan dan diterapkan kedepannya.

Senada dengan Kaper, Sekretaris Daerah Kepl. Talaud Johannis Kamagi memberikan apresiasi kepada BPKP atas pendampingan dalam pengelolaan keuangan desa dan keuangan daerah pada Pemkab Talaud. Untuk itu, atas pendampingan BPKP, Pemkab Talaud akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangannya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Quality tersebut, direncanakan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 1 Juni 2022 sampai 3 Juni 2022.

 

(Kominfo BPKP Sulut)