Tingkatkan Akuntabilitas Dana Desa dengan Siswaskeudes

Ondong – Inspektorat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro bersama Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam melaksanakan pengawasan dana desa yang berbasis risiko, Selasa (19/04).

Mewakili Bupati, Wakil Bupati John Palandung dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dana desa yang disalurkan cukup besar untuk Kabupaten Sitaro. Hal itu, untuk membangun daerah dari desa yang tentunya diharapkan dapat secara langsung menyentuh masyarakat desa.

Begitu strategis dan besarnya dana yang disalurkan, tambah Wabup, penggunaannya akan selalu diawasi. Karena itu, ia meminta agar para peserta dapat mencermati dengan serius Bimtek yang diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang berguna untuk kedepannya.

“Siswaskeudes dapat digunakan secara efektif dan efisiensehingga dapat memudahkan audit yang akan dilaksanakan oleh Inspektorat”, ujar Wabup.

Menutup sambutannya, Wabup menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada BPKP atas perhatian dan kerjasama yang baik dengan Pemkab Sitaro. Wabup berharap agar BPKP selalu memberikan masukkan saran dan perbaikan dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan desa.

Senada dengan Wakil Bupati, Koordinator Pengawasan Bidang APD Glenn Davies Siwu mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPKP akan selalu memberikan saran dan masukkan bagi Pemkab Sitaro dalam mengelola keuangan desa dan membantu meningkatkan kapabilitas APIP Kabupaten Sitaro.

Melalui aplikasi Siswaskeudes, diharapkan dapat mempermudah APIP dalam mengawasi keuangan desa di daerah. Siswaskeudes, tambahnya, dapat berjalan jika aplikasi Siskeudes telah digunakan dan diinput dengan benar. Sehingga sangat dibutuhkan peran kepala desauntukmelengkapi dan menginput di aplikasi Siskeudes secara baik dan benar.

Untuk itu, melalui Bimtek yang diadakan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman APIP dan Kepala desa mengenai Siswaskeudes dan Siskeudes. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang akuntabel dan efisien di Pemkab Sitaro.

Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Sitaro Ironers Sikome, Asisten Administrasi, para pimpinan OPD, para Camat, dan para Kepala Desa.

Kegiatan diselenggarakan selama 4 hari mulai 19 April 2022 – 22 April 2022 dengan narasumber dari Tim Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)